Government Chief Information Officer

Durasi : 2 Hari + 1 Hari Ujian

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini memberikan panduan bagi para peserta agar mampu menjadi seorang GCIO (Government Chief Information Officer) yang efektif. GCIO adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan pemerintah daerah. GCIO adalah peran eksekutif yang bertanggung jawab atas perencanaan, penyelarasan, penyiapan, implementasi, dan evaluasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di pemerintah daerah dalam penerapan E-Government. Materi pelatihan GCIO Essentials ini mencakup seluruh topik tata kelola TIK yang berbasis best practice sehingga penerapan E-Government bisa berhasil secara efektif.

 

Tujuan Pelatihan

  • Memahami konsep, definisi, manfaat, serta pendorong untuk Tata Kelola TIK
  • Melakukan implementasi Tata Kelola TIK untuk E-Government
  • Menyusun E-Government Master Plan
  • Menyusun Enterprise Architecture untuk E-Government
  • Mengelola proyek TIK berbasis best practice
  • Mengelola layanan TIK berbasis best practice
  • Mengelola sistem keamanan informasi
  • Mengelola data center berbasis best practice
  • Mengelola business continuity dan menyusun disaster recovery plan
  • Memahami proses audit TIK

 

Garis Besar Pelatihan

1. Pengenalan dan Konsep Tata Kelola TIK
2. Implementasi Tata Kelola TIK untuk E-Government
3. Pengembangan Rencana Strategis TIK (IT Master Plan)
4. Pengembangan Enterprise Architecture
5. Pengelolaan Proyek TIK (IT Project Management)
6. Pengelolaan Layanan TIK (IT Service Management)
7. Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System)
8. Pengelolaan Data Center
9. Business Continuity dan Disaster Recovery
10. Pengelolaan IT Audit dan IT Compliance
11. Study Kasus Tata Kelola TIK untuk E-Government

 

Target Peserta Pelatihan

  • Pejabat Pemerintah Daerah (Kadis, Sekretaris, Kabid, Kasi) yang berminat terhadap E-Government
  • Pejabat Pemerintah Daerah (Kadis, Sekretaris, Kabid, Kasi) yang mengurusi implementasi E-Government
  • Implementator E-Government