Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi

Durasi : 2 Hari + 1 Hari Ujian

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan dan Ujian Sertifikasi ini memberikan kepada para peserta berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga menjadi kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pengelola layanan Teknologi Informasi atau CIO (Chief Information Officer) di organisasinya. Berbagai hal yang akan mampu dilakukan oleh peserta antara lain adalah mengelola layanan TI, menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan organisasi, menyusun strategi layanan TI, mengelola insiden, masalah, serta resolusi masalah TI, dan memantau tingkat layanan TI. Setelah mengikuti pelatihan serta lulus ujian sertifikasi ini, maka peserta akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang pengelola layanan Teknologi Informasi yang kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

Tujuan Pelatihan

  • Memberikan Pelayanan TI Sesuai Dengan Bisnis Yang Dijalankan
  • Menyediakan Layanan Berdasarkan Tingkat-Tingkat Tertentu
  • Memberikan Pelayanan Produk-Produk Teknologi Informasi Sesuai Kebutuhan Bisnis
  • Menetapkan Resolusi Dan Masalah Terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI
  • Mengelola Insiden Yang Terjadi
  • Memantau Pelayanan Prosedur Tingkat Layanan

 

Garis Besar Pelatihan

1. Penyusunan Pelayanan TI Sesuai Kebutuhan Organisasi

  • Pengelolaan Siklus Pengembangan Teknologi Informasi
  • Pengelolaan Sumber Daya Manusia
  • Pengembangan Strategi Pengelolaan Sumber Daya

2. Pengelolaan Layanan Berbasis Tingkatan

  • Pemantauan Kinerja Pelayanan
  • Analisa Peningkatan Tingkat Pelayanan
  • Penentuan Tingkat Layanan
  • Pengelolaan Katalog Layanan
  • Pengembangan Strategi Layanan

3. Penyediaan Layanan Produk TIK Sesuai Kebutuhan Organisasi

  • Pemberian Layanan Operasional
  • Pemberian Layanan Pemeliharaan dan Instalasi TI
  • Pembuatan Konsep, Kebijakan, Standar, dan Prosedur Pemeliharaan TI

4. Pengelolaan Resolusi dan Masalah TI

  • Identifikasi Masalah Siklus TI
  • Dokumentasi Aktivitas Siklus Hidup TI
  • Penetapan Resolusi Terhadap Masalah Siklus TI

5. Pengelolaan Insiden TI

  • Penanganan Terhadap Insiden TI
  • Analisa Insiden TI
  • Dokumentasi Aktivitas Penanganan Insiden TI
  • Pembuatan Konsep, Kebijakan, Standar, dan Prosedur Pengelolaan Insiden TI

6. Pemantauan Pelayanan TI

  • Evaluasi Tingkat Layanan
  • Analisa Tingkat Layanan
  • Audit Tingkat Layanan

7. Ujian Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi

  • Tes Tertulis
  • Demonstrasi Konseptual
  • Wawancara

 

Target Peserta Pelatihan

  • Pihak yang ingin mendapatkan Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Teknologi Informasi Bidang Manajemen Layanan Teknologi Informasi.

 

Prasyarat Peserta Pelatihan

  • Peserta sudah memiliki pengetahuan dasar tentang¬†pengelolaan layanan teknologi Informasi (Information Technology Service Management).